Skip to content

TP PKK Beginjan ikuti lomba Hatinya PKK Kab. Sanggau

Beginjan, 29 Mei 2023 – Kantor Pemerintahan Desa Beginjan dipenuhi dengan semangat dan kegiatan yang membara saat ini. Para ibu-ibu yang tergabung dalam Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) sedang sibuk mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba Hatinya PKK tingkat kabupaten Sanggau. Kegiatan ini merupakan salah satu momen penting yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat desa, dan kepala desa Beginjan, Bapak Sutardi, berharap TP PKK yang diketuai oleh Ibu Sri Wahyuni dapat meraih juara dalam ajang ini.

Kegiatan lomba TP PKK

Lomba Hatinya PKK merupakan ajang yang melibatkan berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat desa. Kriteria penilaian yang digunakan mencakup tiga bidang utama, yaitu hasil kerajinan tangan, kecantikan tumbuhan di pekarangan rumah, dan administrasi pembukuan. Setiap kriteria ini memiliki peranan penting dalam pengembangan potensi masyarakat desa secara holistik.

Pertama-tama, hasil kerajinan tangan menjadi salah satu fokus utama TP PKK dalam persiapan lomba ini. Ibu-ibu TP PKK Beginjan telah berjuang keras dalam menghasilkan karya-karya yang kreatif dan indah. Mereka menggunakan berbagai teknik dan bahan, seperti anyaman bambu, rajutan, dan sulam. Kerajinan tangan ini tidak hanya menunjukkan keterampilan mereka dalam menciptakan produk bernilai, tetapi juga mencerminkan keunikan budaya lokal yang kaya akan warisan seni dan kerajinan.

Selanjutnya, keindahan tumbuhan di pekarangan rumah menjadi faktor penilaian yang tak kalah penting. Ibu-ibu TP PKK telah mengisi pekarangan rumah mereka dengan beragam tanaman binga dan tumbuhan hias yang indah. Dengan sentuhan tangan mereka, pekarangan rumah berubah menjadi taman kecil yang menawan. Keberadaan tumbuhan ini tidak hanya menciptakan lingkungan yang sejuk dan asri, tetapi juga memberikan manfaat ekonomi melalui penjualan hasil panen seperti sayur-sayuran organik.

Terakhir, administrasi pembukuan yang rapi dan akurat menjadi aspek penting dalam penilaian. Ibu Sri Wahyuni, selaku ketua TP PKK, telah memastikan bahwa semua catatan kegiatan dan data terkait pemberdayaan keluarga di desa Beginjan terdokumentasi dengan baik. Administrasi yang teratur dan terstruktur mempermudah evaluasi dan pelaporan kinerja TP PKK secara transparan. Hal ini juga menunjukkan komitmen dan keseriusan TP PKK dalam menjalankan program-program yang diinisiasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Kepala desa Beginjan, Bapak Sutardi, sangat berharap TP PKK yang dipimpin oleh Ibu Sri Wahyuni dapat meraih juara dalam lomba Hatinya PKK tingkat kabupaten Sanggau. Keberhasilan ini akan menjadi pengakuan atas kerja keras dan dedikasi yang telah diberikan oleh ibu-ibu TP PKK dalam memajukan desa Beginjan. Selain itu, kemenangan dalam lomba ini juga akan memberikan motivasi dan inspirasi bagi masyarakat desa lainnya untuk terus berpartisipasi dalam pembangunan dan peningkatan kesejahteraan.

Dalam beberapa hari terakhir, suasana di Kantor Pemdes Beginjan terasa semakin hidup. Semangat dan kerja keras para ibu-ibu TP PKK yang terus berlatih dan mempersiapkan diri untuk lomba ini menjadi bukti nyata dari kekuatan peran perempuan dalam pembangunan masyarakat. Semoga TP PKK Beginjan meraih prestasi yang membanggakan dalam lomba Hatinya PKK tingkat kabupaten Sanggau dan menjadi inspirasi bagi desa-desa lainnya dalam mewujudkan pemberdayaan keluarga dan kesejahteraan masyarakat.

Tags:

Leave a Reply