Skip to content

Sosial dan Ekonomi

KEADAAN SOSIAL DAN EKONOMI DESA BEGINJAN

Secara global masyarakat Desa Beginjan hidup saling berdampingan dengan masyarakat lainnya. Dalam hal kebiasaan masyarakat Desa Beginjan lebih mengutamakaan asas kekeluargaan dan kebersamaan untuk saling membantu terutama pada saat ada warga masyarakat yang mengalami musibah

Kepala desa Sutardi dan Bu PKK Sri Wahyuni

Secara global masyarakat Desa Beginjan hidup saling berdampingan dengan masyarakat lainnya. Dalam hal kebiasaan masyarakat Desa Beginjan lebih mengutamakaan asas kekeluargaan dan kebersamaan untuk saling membantu terutama pada saat ada warga masyarakat yang mengalami musibah.

Kegotong royongan adalah salah satu bentuk kehidupan sosial masyarakat Desa Beginjan Salah satunya terlihat ketika ada masyarakat atau warga masyarakat yang mengalami musibah., maka dengan sendirinya warga akan berdatangan untuk membantu baik bantuan dalam bentuk moril maupun bantuan dalam bentuk materil. Begitupula dengan kegiatan-kegiatan sosial lainnya seperti pembangunan juga selalu dilakukan dengan bergotong royong

Sebagian besar penduduk asli Desa Beginjan merupakan suku Dayak yang masyoritas Menganut Agama Kristen Protestan dan Katholik. Pada perkembangannya pola kehidupan masyarakat desa Beginjan mulai menampakan perubahaan kearah Moderenisasi akibat dari mudahnya informasi yang di dapat baik dari media Elektronik maupun pergaulan masyarakat sehari-hari.

Terlepas dari hal tersebut diatas permasalahaan Adat Istiadat yang berlangsung turun temurun masih tetap dipertahankan hingga kini meskipun banyak masuknya pengaruh-pengaruh budaya lain ke wilayah Desa Beginjan

Untuk tingkatan ekonomi masyarakat Desa Beginjan dapat dilihat dari segi bagunan perumahaan dan pemukiman penduduk yang sudah banyak mengalami perubahaan. Hal ini tidak terlepas dari peranan pemerintahaan desa beginjan dalam memajukan daerahnya meskipun masih banyak terdapat rumah-rumah dibawah standart rata-rata hal ini disebabkan sulitnya pengangkutan barang/matrial bangunan dari kecamatan ke desa sehingga masyarakat kesulitan untuk melaksanakan pembangun di desa.

  • Banyaknya Gedung dan Ruang Kelas Sekolah di Desa Beginjan berdasarkan data di Kecamatan Tayan Hilir. Data Menurut Jenis Sekolah dan status Sekolahnya yaitu :

Jumlah Gedung Sekolah dan Ruang Kelas

di Desa Beginjan
No.Nama Fasilitas NegeriSwasta
1Taman Kanak -Kanak-1 (1 Kelas)
2Sekolah SD3 (15 kelas)-
3S L T P 1 (9 Kelas)-
4S L T A--
5S M K--
6Akademi / PT--
  • Banyaknya Tempat Ibadah Menurut Dusun mengacu pada daftar data yang ada di Kecamatan.
No.Nama DusunJumlah Rumah Ibadah
IslamKristenKatolikHinduBudhaJumlah
MesjidSurauGerejaGerejaKapelPuraVihara
1Dusun Padu211---16
2Dusun Beginjan---1---1
3Dusun Perupuk1------1
4Dusun Sungai Ronggas--11--3
5Dusun Durian Baru---1--1
JUMLAH 3123-110
  • Banyaknya Penduduk yang Bersekolah / Tamat. Kurangnya kesadaran masyarakat untuk menyekolahkan anaknya kejenjang yang lebih tinggi berikut kondisi desa yang jauh dari kota kecamatan mengakibatkan masih rendahnya tingkatan pendidikan warga masyarakat desa sehingga masih tingginya angka pengangguran di Desa.
No.DesaTingkat Pendidikan Penduduk Desa
TKSDSMPSMAPT
1Dusun Padu 16303961245
2Dusun Beginjan721376406
3Dusun Perupuk514525178
4Dusun Sungai Ronggas525761598
5Dusun Duruian Baru-122961
JUMLAH33104026724628

Sebagian besar perekonomian dan mata pencaharian warga Desa bertumpu pada sektor Pertanian dan perkebunan dengan pola sederhana/tradisonal dan pada umumnya berpenghasilan sedang yaitu diatas rata-rata pendapatan perkapita nasional. Adapun kondisi pertanian dan komoditi yang menjadi unggulan di Desa adalah sebagai berikut:

  • Pertanian
    1. Lahan Tanah Kering ladang berpindah.
    2. Lahan Tanah Basah (Sawah)
  • Perkebunan
    1. Sawit
    2. Karet
    3. Lada
    4. Kakao