Skip to content

Terjadi lonsor di badan jalan dusun Beginjan

Desa Beginjan, 11 Maret 2023. Longsor di jalan Tayan-Meliau yang terletak di Dusun Beginjan pada hari Jumat, 10 Maret 2023, telah menimbulkan kerusakan serius pada jalan dan infrastruktur sekitarnya. Kejadian ini telah membuat warga setempat sangat khawatir dan terganggu karena akses transportasi menjadi terhambat.

Menurut informasi yang didapat dari kepala desa Beginjan bapak Sutardi, perbaikan jalan yang rusak menunggu bantuan dari PT. Quality Sukses Sejahtera yang akan mengirimkan excavator untuk membuat jembatan darurat, seperti jembatan logging. Diperkirakan, perbaikan jalan akan dimulai pada tanggal 12 Maret 2023, sambil menunggu unit excavator tiba di lokasi.

Kepala Desa Beginjan, Bapak Sutardi, berharap agar pihak yang berkompeten dapat tanggap dan cepat merespons perbaikan jalan yang rusak tersebut. Kondisi cuaca di Sanggau kec. Tayan Hilir desa Beginjan yang kurang bersahabat membuat masyarakat setempat sangat khawatir terjadinya banjir yang bisa memicu longsor kembali. Oleh karena itu, dibuatlah upaya pencegahan genangan air dengan membuka saluran air.

Situasi longsor di jalan Tayan-Meliau ini menunjukkan betapa pentingnya peran infrastruktur yang kuat dan tahan bencana. Peristiwa ini seharusnya menjadi peringatan bagi pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapan menghadapi bencana alam.

Pemerintah setempat diharapkan dapat bekerja sama dengan pihak swasta dalam mengembangkan infrastruktur yang tangguh, tahan bencana, dan mudah diakses oleh masyarakat. Selain itu, peningkatan kesadaran dan kesiapan dalam menghadapi bencana juga harus menjadi fokus utama, terutama di wilayah-wilayah yang rawan terjadinya bencana alam seperti daerah Beginjan.

Leave a Reply