Skip to content

Sutardi Kepala Desa Beginjan Apresiasi Gerakan Tanam Cabai

Tayan Hilir, Desa Pedalaman – Kepala Desa Beginjan, bapak Sutardi, mengapresiasi gerakan tanam cabai yang digagas oleh TP-PKK Provinsi Kalimantan Barat. Gerakan ini dinilai dapat memberdayakan masyarakat desa, terutama dalam memenuhi kebutuhan cabe yang harganya saat ini cukup tinggi.

Susana loanching tanam cabai di desa Pedalaman kec. Tayan Hilir Kab. Sanggau Provinsi Kalimantan Barat.

Sutardi mengatakan, harga cabe di pasaran saat ini mencapai kisaran Rp 70.000-Rp 90.000 per kilogram. Hal ini tentu memberatkan masyarakat, terutama masyarakat desa yang membutuhkan cabe untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Gerakan tanam cabai ini sangat bagus, karena dapat membantu masyarakat desa memenuhi kebutuhan cabenya. Selain itu, hasil panen cabai juga bisa dijual di pasar bagi masyarakat umum yang mau membeli,” kata Sutardi, Rabu Desember 2023.

Sutardi sendiri menghadiri undangan dari Pemerintah Desa Pedalaman, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, untuk menghadiri launching kebun binaan TP-PKK Provinsi Kalbar yang dilaksanakan pada Rabu (6/7/2023). Kegiatan ini dipimpin oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat,  Harrison Azroi.

Susana kegiatan

Dalam kesempatan tersebut, Sutardi juga menyampaikan, bahwa Pemerintah Desa Beginjan akan mendukung penuh gerakan tanam cabai ini. 

“Kami akan memberikan bantuan bibit cabai kepada masyarakat desa yang ingin menanam cabai. Selain itu, kami juga akan memberikan bimbingan teknis kepada masyarakat dalam menanam cabai,” kata Sutardi.

Sutardi berharap, gerakan tanam cabai ini dapat meningkatkan produksi cabai di Kabupaten Sanggau. Selain itu, diharapkan juga dapat menekan inflasi (kenaikan harga barang yang terjadi terus menerus dalam jangka waktu lama), khususnya inflasi cabai.

Leave a Reply