Skip to content

Pertemuan Ketua-ketua Apdesi Kecamatan dan Ketua Apdesi Kabupaten Sanggau

Beginjan.desa.id. Kamis, 20 Juli 2023. Dalam upaya meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam pengelolaan pemerintahan desa, Asosiasi Perangkat Desa Indonesia (Apdesi) Kabupaten Sanggau menyelenggarakan pertemuan penting antara ketua-ketua Apdesi kecamatan dan ketua Apdesi Kabupaten Sanggau. Pertemuan ini dilaksanakan sebagai forum diskusi dan berbagi pengalaman dalam menghadapi dinamika pemerintahan desa sesuai dengan regulasi yang ada.

Foto bersama ketua Apdesi Kecamatan dan Ketua Apdesi Kabupaten.

Pertemuan ini bertujuan untuk:

  1. Meningkatkan pemahaman tentang regulasi dan kebijakan terbaru yang berhubungan dengan pemerintahan desa di Kabupaten Sanggau.
  2. Membahas strategi dan langkah konkret untuk mendorong kemajuan dan kemandirian desa agar mampu bersaing dengan desa-desa di luar Kabupaten Sanggau.
  3. Memperkuat kerjasama antara pemerintah desa, kecamatan, dan kabupaten untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan desa secara berkesinambungan.
  4. Menggali potensi-potensi lokal yang dapat dikembangkan sebagai sumber pendapatan dan kesejahteraan masyarakat desa.

Dinamika Pemerintahan Desa di Kabupaten Sanggau

Bapak Sutardi kepala desa Beginjan dan ketua Apdesi Kecamatan Tayan Hilir.

Kabupaten Sanggau memiliki beragam dinamika dalam pemerintahan desanya. Beberapa tantangan yang dihadapi adalah:

  1. Keterbatasan Anggaran: Anggaran yang terbatas menjadi kendala dalam mengembangkan infrastruktur dan program pembangunan lainnya di desa.
  2. Kualitas Sumber Daya Manusia: Dalam beberapa desa, perlu dilakukan peningkatan kapasitas sumber daya manusia terutama dalam mengelola keuangan desa dan program pembangunan.
  3. Akses Terhadap Teknologi: Akses terhadap teknologi informasi dan komunikasi menjadi penting untuk mengoptimalkan pelayanan publik dan mengembangkan potensi ekonomi lokal.
  4. Koordinasi Antar Pemerintah: Perlu adanya koordinasi yang lebih baik antara pemerintah desa, kecamatan, dan kabupaten untuk menyelaraskan program dan kegiatan pembangunan.

Harapan Kepala Desa Beginjan dan Masyarakat

Kepala Desa Beginjan bapak Sutardi memiliki harapan besar terhadap pertemuan ini. Beliau berharap agar:

  1. Kepala desa proaktif dalam membangun desa dengan memanfaatkan segala potensi yang ada.
  2. Perangkat desa turut aktif dalam mendukung dan melaksanakan program-program pembangunan desa.
  3. Masyarakat desa ikut berpartisipasi dan turut serta dalam pembangunan desa, mengawasi penggunaan dana desa, dan memberikan masukan yang konstruktif untuk kemajuan desa.
  4. Dengan adanya sinergi antara kecamatan dan kabupaten, kebijakan dan program pembangunan akan lebih tepat sasaran dan berdampak positif bagi masyarakat.

Menghadapi Tantangan dan Mewujudkan Keunggulan Desa

Untuk menghadapi tantangan dalam pemerintahan desa, langkah-langkah berikut dapat diambil:

  1. Penyusunan Rencana Pembangunan Desa (RPD): Setiap desa perlu menyusun RPD yang berbasis pada potensi dan kebutuhan lokal, sehingga pembangunan dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  2. Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM): Peningkatan kapasitas perangkat desa dan masyarakat melalui pelatihan dan pendidikan akan meningkatkan efektivitas pelaksanaan program pembangunan.
  3. Pemanfaatan Teknologi Informasi: Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi akan memudahkan akses informasi dan meningkatkan transparansi dalam pemerintahan desa.
  4. Kolaborasi dengan Pihak Eksternal: Kerjasama dengan pihak swasta, lembaga nirlaba, dan instansi pemerintah lainnya dapat meningkatkan akses terhadap sumber daya dan pembiayaan untuk pembangunan desa.
  5. Pengembangan Potensi Ekonomi Lokal: Memanfaatkan potensi alam dan budaya lokal sebagai basis ekonomi akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan mengurangi ketergantungan pada sektor tertentu.

Pertemuan ketua-ketua Apdesi kecamatan dan ketua Apdesi Kabupaten Sanggau merupakan langkah yang positif dalam menghadapi dinamika pemerintahan desa. Dengan membangun sinergi dan koordinasi yang baik, serta melibatkan partisipasi aktif dari kepala desa, perangkat desa, dan masyarakat, desa-desa di Kabupaten Sanggau dapat menjadi lebih unggul dan kompetitif dengan desa-desa lain di luar wilayah Sanggau. Semoga melalui kerja sama yang erat ini, pembangunan desa dapat berjalan berkesinambungan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memberikan dampak positif bagi Kabupaten Sanggau secara global.

Tags:

Leave a Reply