Skip to content

Pembangunan Jalan Rabat Beton di Dusun Beginjan: Meningkatkan pembangalunan insprastruktur dan Mobilitas Masyarakat

Beginjan, 30 Oktober 2023. Pada tanggal 22 Agustus 2023, dimulailah proyek pembangunan jalan rabat beton/gertak (SWP IIB) di Dusun Beginjan, Desa Beginjan. Proyek ini direncanakan selesai dalam waktu 90 hari kalender, menjadikan tanggal penyelesaian proyek pada 19 November 2023. Dana untuk proyek ini bersumber dari Dana Transfer Umum-Dana Alokasi Umum sebesar Rp. 185,109,000.00 (seratus delapan puluh lima juta seratus sembilan ribu rupiah) yang merupakan aspirasi warga Beginjan yang realisasikan oleh dewan DPRD Kab. Sanggau Julius (Levan).

Pembangunan infrastruktur jalan ini merupakan sejarah bagi warga Dusun Beginjan. Kepala Desa Beginjan, Bapak Sutardi, sangat mengapresiasi langkah ini sebagai bentuk komitmen pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas hidup dan mobilitas masyarakat setempat. Dengan adanya jalan rabat beton, diharapkan akan ada perubahan signifikan dalam kehidupan sehari-hari penduduk Dusun Beginjan.

Manfaat Pembangunan Jalan Rabat Beton

  1. Peningkatan Mobilitas: Pembangunan jalan rabat beton akan meningkatkan aksesibilitas warga di Dusun Beginjan. Masyarakat tidak hanya dapat bergerak dengan lebih mudah, tetapi juga akan memperpendek waktu tempuh.
  2. Peningkatan Ekonomi Lokal: Akses yang lebih baik membuka peluang baru bagi pertumbuhan ekonomi lokal. Pedagang dapat dengan mudah mengangkut barang dagangannya.
  3. Kemudahan Akses Ke Pendidikan dan Kesehatan: Dengan jalan yang lebih baik, anak-anak memiliki akses yang lebih mudah ke sekolah. Selain itu, akses ke fasilitas kesehatan juga meningkat, memungkinkan warga untuk mendapatkan perawatan medis yang lebih cepat dan efisien.
  4. Peningkatan Nilai Properti: Pembangunan infrastruktur jalan yang baik seringkali mengakibatkan peningkatan nilai properti di sekitarnya.
  5. Keamanan dan Keselamatan: Jalan yang baik juga meningkatkan keamanan lalu lintas. Pengemudi dan pejalan kaki akan merasa lebih aman, mengurangi risiko kecelakaan dan memastikan keamanan masyarakat secara keseluruhan.
  6. Peningkatan Kualitas Hidup: Pembangunan jalan rabat beton tidak hanya meningkatkan infrastruktur fisik, tetapi juga kualitas hidup penduduk. Dengan kemudahan akses, masyarakat dapat lebih aktif sosial dan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan.

Pembangunan jalan rabat beton di Dusun Beginjan adalah langkah progresif yang akan membuka berbagai peluang dan meningkatkan standar hidup warga. Dengan dukungan pemerintah dan partisipasi aktif masyarakat, proyek ini bukan hanya menjadi jalan fisik, tetapi juga jalan menuju masa depan yang lebih baik bagi Dusun Beginjan.

Leave a Reply