Skip to content

Loka Karya Mini Lintas Sektoral Puskesmas Tayan Hilir Tahun 2024

Beginjan, Jumat 31 Mei 2024, Kepala desa Beginjan bapak Sutardi menghadiri kembali Loka Karya Mini yang diselenggatakan oleh Puskesmas Tayan Hilir dalam rangka Loka Karya Mini Lintas Sektoral, sebuah acara yang bertujuan untuk mengevaluasi dan merancang strategi kesehatan masyarakat di kecamatan Tayan Hilir.

Salah satu isu utama yang menjadi fokus dalam loka karya ini adalah penanggulangan kasus stunting di wilayah tersebut. Berdasarkan data yang disampaikan oleh Kepala Desa Beginjan, Bapak Sutardi, berikut adalah jumlah kasus stunting di Kecamatan Tayan Hilir hingga April 2024:

Angka stunting perdesa

Data tersebut menunjukkan bahwa desa-desa seperti Sebemban dan Sungai Jaman memiliki persentase kasus stunting yang cukup tinggi, masing-masing sebesar 21,9% dan 14,9%. Sebaliknya, desa Emberas mencatat tidak ada kasus stunting, sebuah prestasi yang patut diapresiasi. Target keseluruhan untuk menurunkan angka stunting di Kecamatan Tayan Hilir pada tahun 2024 adalah mencapai 14%.

Lokakarya mini lintas sektoral Puskesmas Tayan

Strategi Penanggulangan Stunting:

Dalam loka karya ini, Puskesmas Tayan Hilir bersama dengan pemerintah desa dan berbagai pemangku kepentingan lainnya membahas beberapa strategi utama untuk menurunkan angka stunting, antara lain:

  1. Peningkatan Gizi dan Akses Pangan: Menggalakkan program pemberian makanan tambahan (PMT) dan memastikan distribusi pangan bergizi kepada keluarga yang membutuhkan.
  2. Edukasi Kesehatan: Memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya gizi seimbang, pola makan sehat, dan praktik kesehatan yang baik.
  3. Monitoring dan Evaluasi: Melakukan pemantauan rutin terhadap perkembangan status gizi anak-anak di setiap desa dan mengevaluasi efektivitas program yang telah dijalankan.
  4. Kolaborasi dengan Sektor Lain: Bekerjasama dengan sektor pendidikan, pertanian, dan ekonomi untuk menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan dan kesejahteraan anak.

Komitmen Bersama:

“Kepala Puskesmas Tayan Hilir berkomitmen untuk terus berupaya keras menurunkan angka stunting di kecamatan ini. Diharapkan dengan kolaborasi lintas sektoral dan partisipasi aktif dari masyarakat, target penurunan angka stunting hingga 14% dapat tercapai” Demikian info bapak Sutardi.

Loka Karya Mini Lintas Sektoral Puskesmas Tayan Hilir Tahun 2024 merupakan langkah penting dalam usaha memperbaiki status kesehatan dan gizi anak-anak di Kecamatan Tayan Hilir. Dengan kerjasama yang solid antara pemerintah, tenaga kesehatan, dan masyarakat, diharapkan angka stunting dapat ditekan dan generasi mendatang bisa tumbuh sehat dan produktif.


Discover more from Desa Beginjan

Subscribe to get the latest posts to your email.

Leave a Reply

Discover more from Desa Beginjan

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading