Skip to content

Laporan Dokumentasi Pembuatan Keramba dan Penurunan Bibit Ikan Nila Kelompok Remaong Jaya

Beginjan, Minggu 10 September 2023. Langkah penting dalam pengembangan ketahanan pangan dan hewani di Dusun Beginjan, Desa Beginjan, telah berhasil dicapai oleh Kelompok Remaong Jaya. Proyek pembuatan keramba ikan telah selesai, diikuti dengan penurunan bibit ikan nila sebanyak 2.000 ekor. Kegiatan ini adalah bagian dari upaya yang didukung oleh pembiayaan dari APBDes tahun 2023, dan mendapat dukungan penuh dari Kepala Desa Beginjan, Bapak Sutardi.

Kelompok ketahanan pangan Remaong Jaya bergotong royong membuat keramba

Pembuatan keramba ikan merupakan salah satu langkah penting dalam upaya Kelompok Remaong Jaya untuk meningkatkan produksi ikan nila di wilayah Dusun Beginjan. Keramba ikan ini dirancang dengan cermat untuk memastikan lingkungan yang sesuai bagi pertumbuhan dan perkembangan ikan nila. Para anggota kelompok bekerja keras selama beberapa minggu untuk merakit dan memasang keramba ini, dan hasilnya sangat memuaskan.

Setelah keramba ikan selesai dibuat, saatnya untuk melakukan penurunan bibit ikan nila. Sebanyak 2.000 ekor bibit ikan nila yang telah dipersiapkan dengan baik diturunkan ke dalam keramba. “Proses ini memerlukan ketelitian dan kehati-hatian agar bibit ikan nila dapat beradaptasi dengan baik dalam lingkungan baru. Kelompok Remaong Jaya melakukan pekerjaan ini dengan penuh dedikasi dan keahlian” Demikian info pak kades.

Kepala Desa Beginjan, Bapak Sutardi, sangat mendukung usaha Kelompok Remaong Jaya ini. Ia mengakui pentingnya upaya ini dalam meningkatkan ketahanan pangan dan hewani di desa Beginjan khususnya dusun Beginjan. Pembiayaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2023 turut berkontribusi dalam mewujudkan proyek ini.

Kepala Desa Bapak Sutardi mengungkapkan harapannya bahwa usaha Kelompok Remaong Jaya dalam budidaya ikan nila ini akan sukses besar. Panen akbar adalah tujuan akhir dari kelompok ini, dan kesuksesan Remaong Jaya akan menjadi teladan bagi kelompok-kelompok lain di desa Beginjan.

Leave a Reply