Skip to content

Kepala Desa Beginjan Sutardi Hadiri FGD IKM Untuk Penyusunan KRB Kabupaten Sanggau

Sanggau, 18 Oktober 2023. Kepala Desa Beginjan, Sutardi, menghadiri Focus Group Discussion (FGD) Indeks Kesiapsiagaan Masyarakat (IKM) untuk Penyusunan Kajian Risiko Bencana (KRB) Kabupaten Sanggau Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Tanjungpura.

FGD ini dilaksanakan pada hari Rabu, 18 Oktober 2023 di Aula Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari pemerintah kabupaten, pemerintah kecamatan, pemerintah desa, serta organisasi masyarakat.

Dalam FGD tersebut, Sutardi menyampaikan bahwa Desa Beginjan merupakan salah satu desa yang sering dilanda banjir dan longsor. Oleh karena itu, IKM menjadi hal yang penting untuk ditingkatkan agar masyarakat Desa Beginjan dapat lebih siap menghadapi bencana.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini karena dapat membantu kami meningkatkan IKM masyarakat Desa Beginjan,” ujar Sutardi.

Pada FGD tersebut, peserta dipaparkan mengenai konsep IKM dan cara mengukurnya. Peserta juga dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membahas IKM di masing-masing wilayahnya.

Hasil FGD ini akan digunakan sebagai bahan dalam penyusunan KRB Kabupaten Sanggau Tahun 2023. KRB ini merupakan dokumen perencanaan yang disusun untuk meminimalkan risiko bencana di Kabupaten Sanggau.

Berikut adalah beberapa poin penting yang disampaikan oleh Kepala Desa Beginjan Sutardi dalam FGD tersebut:

  1. Desa Beginjan merupakan salah satu desa yang sering dilanda banjir dan longsor.
  2. IKM menjadi hal yang penting untuk ditingkatkan agar masyarakat Desa Beginjan dapat lebih siap menghadapi bencana.
  3. Pemerintah Desa Beginjan sangat mendukung kegiatan FGD IKM untuk Penyusunan KRB Kabupaten Sanggau Tahun 2023.

Kegiatan FGD IKM untuk Penyusunan KRB Kabupaten Sanggau Tahun 2023 diharapkan dapat meningkatkan IKM masyarakat di Kabupaten Sanggau sehingga masyarakat dapat lebih siap menghadapi bencana.

Leave a Reply