Skip to content

Kepala Desa Beginjan hadiri lokakarya Puskesmas Tayan Tahun 2024

Tayan Hilir, 22 Januari 2024 – Kepala Desa Beginjan, Bapak Sutardi, menghadiri Kegiatan Pertemuan Lokakarya Mini Lintas Sektoral yang ke 1 (satu) Puskesmas Tayan (Lokminsek) Tahun 2024. Lokakarya ini dilaksanakan pada hari Senin, 22 Januari 2024, pukul 09.30 WIB hingga selesai, di ruang rapat Aula Puskesmas Tayan Kecamatan Tayan Hilir.

Agenda inti kegiatan Lokminsek ini adalah sebagai berikut:

  1. Evaluasi hasil kinerja tahun 2023 (Januari sd Desember)
    • Program Essensial
    • Program Pengembangan
  2. Strategi penanganan DBD tahun 2024
  3. Diskusi tanya jawab
  4. Penandatanganan komitmen bersama lintas sektor untuk mendukung kegiatan program di Puskesmas Tayan

Berdasarkan hasil evaluasi, penilaian kinerja UPT Puskesmas Tayan tahun 2023 adalah cukup baik. Namun, masih terdapat beberapa permasalahan yang perlu ditindaklanjuti, di antaranya:

  • Masih tingginya kasus DBD
  • Masih ada kasus rabies
  • Kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan 3 M Plus dan vaksinasi hewan piaraan (anjing)

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Puskesmas Tayan bersama lintas sektor telah menyusun rencana tindak lanjut, di antaranya:

1. Mengadvokasi lintas sektor dan seluruh anggota masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya hidup sehat untuk menekan timbulnya kasus DBD

2. Mengadvokasi lintas sektor dan seluruh masyarakat untuk mencegah terjadinya kasus rabies dengan melaksanakan vaksinasi pada hewan peliharaannya

Demikian informasi yang disampaikan oleh Kepala Desa Beginjan, Bapak Sutardi, kepada staf desa Beginjan. Ia juga mengajak semua stakeholder untuk memaksimalkan kinerja Puskesmas Tayan tahun 2024 sehingga hasilnya sangat baik. Ia juga berkomitmen untuk mendukung kegiatan-kegiatan Puskesmas Tayan di wilayah desa Beginjan.

“Saya berharap agar hasil dari lokakarya ini dapat diimplementasikan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi masyarakat desa Beginjan serta wilayah sekitarnya,” ujar Bapak Sutardi.

Leave a Reply