Skip to content

Kepala Desa Beginjan, Bapak Sutardi, Menghadiri Lokakarya Mini Lintas Sektoral

Tayan Hilir, pada hari Selasa, 30 Mei 2023, kepala desa Beginjan, Bapak Sutardi, menghadiri Lokakarya Mini Lintas Sektoral yang ke Dua Puskesmas Tayan (Lokminsek) di ruang rapat Aula Puskesmas Tayan Kecamatan Tayan Hilir. Lokakarya ini bertema “Evaluasi Hasil Kegiatan Program Puskesmas Tayan” dan berlangsung mulai pukul 09.30 WIB hingga selesai.

Suasana pembukaan diskusi

Dalam lokakarya ini, Bapak Sutardi menyampaikan pentingnya koordinasi yang baik dalam administrasi kesehatan BPJS, terutama dalam hal pelayanan kesehatan bagi masyarakat desa Beginjan. Beliau mengungkapkan bahwa warga desa sering mengalami kendala saat berobat terkait administrasi BPJS, terutama ketika mereka harus mendapatkan surat rujukan jika ingin berobat ke tingkat kabupaten atau provinsi.

Suasana sharing hidup dan saling interaksi

Desa Beginjan secara administratif merupakan desa binaan dari Puskesmas Pulau Tayan, namun beberapa warga desa menerima pelayanan BPJS di rumah sakit Kampung Kawat. Oleh karena itu, Bapak Sutardi berharap agar warga desa yang BPJS-nya terdaftar di rumah sakit Kampung Kawat dapat dipindahkan ke Puskesmas Pulau Tayan atau setidaknya dapat memperoleh surat rujukan dengan mudah.

Bapak Sutardi kepala desa Beginjan Kec. Tayan Hilir Kab. Sanggau Prov. Kalimantan Barat

Bapak Sutardi berharap ada kerja sama yang terjalin antara rumah sakit Kampung Kawat dan Puskesmas Pulau Tayan. Kerja sama ini memungkinkan pemerintah desa Beginjan dengan nyaman dan mudah berkoordinasi terkait pelayanan kesehatan bagi warganya yang membutuhkan layanan tingkat kecamatan, kabupaten, bahkan provinsi. Dengan adanya kerja sama tersebut, diharapkan warga desa Beginjan dapat memperoleh akses yang lebih baik dan lancar dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Lokakarya Mini Lintas Sektoral ini merupakan kesempatan yang baik bagi Bapak Sutardi dan kepala desa lainnya untuk berbagi pengalaman, bertukar ide, dan bersama-sama mengevaluasi hasil kegiatan program Puskesmas Tayan. Selain itu, lokakarya ini juga menjadi forum yang tepat untuk menyampaikan aspirasi masyarakat desa dan mencari solusi yang dapat meningkatkan pelayanan kesehatan di kecamatan Tayan Hilir.

Sebagai kepala desa yang peduli terhadap kesejahteraan masyarakatnya, Bapak Sutardi berjanji akan terus memperjuangkan kepentingan warganya dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan mudah diakses. Ia berharap agar hasil dari lokakarya ini dapat diimplementasikan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi masyarakat desa Beginjan serta wilayah sekitarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bapak Sutardi juga mengucapkan terima kasih kepada Puskesmas pulau Tayan atas upaya yang telah dilakukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di pada desa binaannya. Ia berharap kerja sama yang baik antara pemerintah desa, Puskesmas, dan rumah sakit dapat terus ditingkatkan guna mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Lokakarya Mini Lintas Sektoral ini menjadi momen yang penting dalam upaya evaluasi dan perbaikan sistem pelayanan kesehatan di wilayah kecamatan Tayan Hilir. Dengan adanya partisipasi aktif dari kepala desa dan stakeholder terkait, diharapkan tercipta sinergi yang kuat dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan memperbaiki koordinasi administrasi BPJS, sehingga masyarakat desa Beginjan dan seluruh warga Tayan dapat merasakan manfaatnya secara langsung.

Tags:

Leave a Reply